Pembulatan?

October 31, 2008

Jadi teringat kejadian pas hari sebelum labtek pertama.

Waktu itu gw lagi beli-beli keperluan-keperluan yang kira-kira dibutuhkan (tapi ternyata sih akhirnya gw beli-beli barang ga penting seperti plastik pembungkus jurnal padahal bahan baku buat praktikum gw, yaitu PATI, ternyata ga tersedia di gudang bahan tercinta dan harus disediakan sendiri). Setelah gw liat2 sekilas safety-nya, ternyata peralatannya mencakup sarung tangan dan masker.

Trus gw mikir. Percobaan gw kan di lab bawah yang suka dironda si papi wali gw yang udah notorius suka ngasih SP gak jelas kan. Jadi mending gw sediain sarung tangan dan masker. Toh murah gini.

Masker  sih gw dah punya yang gw beli pas lab BP. Sementara waktu itu gw nyari sarung tangan lab ga ada. Nah, jadilah gw ke kimia farma nyari sarung tangan.

Setelah menimbang-nimbang antara ukuran 7, 7 setengah, dan 8, akhirnya gw ngambil dua pasang dan berjalan menuju kasir. Satu pasangnya itu harganya sama semua, yaitu 5400 rupiah.

Gw ke kasir dan ternyata gw harus ngantri padahal ga ada orang lain yang ngantri. Kenapa? Si kasir di Kimia Farma malah melenggang ke daerah belakang padahal gw udah mau bayar dan gw paling benci nunggu lama. Jadinya gw ngeluarin duit sambil menunggu si kasir nyebelin itu. Gw sengaja bayar pas, pake selembar 10 ribuan ama 4 koin 200 rupiah, soalnya koin di dompet gw dah kebanyakan.

Terus akhirnya si kasir kembali. Dia mengetik belanjaan gw di komputer dan berkata, “Sepuluh ribu tujuh ratus.”

Gw bingung. Sepanjang pengetahuan matematis gw yang lumayan, 5400 kali dua itu sama dengan sepuluh ribu delapan ratus. Gw males kan, soalnya duitnya udah sampai gw letakkan di depan kasir.

So, I asked, “Bukannya jadi sepuluh ribu ‘lapan ratus ya, mbak?”

Gw mengharapkan jawaban yang berkisar antara ‘ada diskon’ atau ‘labelnya salah’ atau sesuatu yang lebih masuk akal.

Tapi si mbaknya menjawab, “Iya, kalau di sini, pembulatannya ke bawah”.

*jreng jreng…*

Gw tiba-tiba kehilangan kata-kata. Terus dengan bengong gw cuman bisa bilang, “Oh…, makasih ya mbak,” dan keluar dari Kimia Farma.

Pembulatan?? Apa yang mo dibuletin coba? Kalo mau dibuletin seh harusnya 10800 jadi 10000. Tapi yah,, masa gw mesti menjelaskan pembulatan ke mbak itu, blum lagi kalo si mbak ga stuju trus gw didebat balik. Demi 100 rupiah? Akhirnya gw pulang aja, daripada capek…

Stress Related

October 29, 2008

Penulis blog ini sedang stres. Di antara 3 jadwal pembicaraan, 2 tugas, 1 penyiapan praktikum, serta 1 revisi laporan, penulis juga harus memiliki waktu untuk belajar, untuk 2 ujian yang mana masing-masing bahannya satu buku penuh. So she is on the verge of depression-slash-saturation, on which point she’ll be singing along every song that’s being played in her Laptop. Right now she’s trying to decide whether to name her Laptop Chloe or Eugenie. That’s how stressed she is. Plus, notice how she’s writing in third person.

(Although she somehow managed to find time to write a post… XD)

She didn’t see this coming. Monday was fine. It was her least favorite day of the week (on account of having to listen to US and MP). But now, every day is a struggle.

On Tuesday, she was meeting two different lecturer for two different lab experiment. The first one was the post-lab, at noon. Then the second one was the pre-lab, at 5 pm.
The first lecturer wanted a revised report on Monday. The second wanted to see her and her lab partner again on Wednesday.

Then the author went home, and still have a really nauseating assignment to do: Waste Management, which was all about constitution and what-not. Anda mengerti kan, Undang-Undang RI itu bahasanya canggih, sementara si penulis suka mabuk sendiri kalau membaca Bahasa Indonesia yang muter sana muter sini akhirnya tujuannya itu juga.

And then today, she had that second meeting for her fermentation experiment next week. The lecturer wanted her to get a 300 mL syringe, a T connector (and she had absolutely no idea what the hell that is), and a 1-meter-hose for that T.

Meeting with this lecturer is an art of its own.
Lecturer: Apa yang dimaksud dengan limiting substrate?
Author: Sustrat pembatas, pak.
Lecturer: Iya, itu terjemahannya, saya tahu. Tapi apa itu limiting substrate atau substrat pembatas?
Author: (*gulp*)

Or this one:
Lecturer: Jadi bagaimana kita membuat glukosa sebagai substrat pembatas?
Author: ………. (*complete silence… The author looked at her partner, and the partner looked back, but no one spoke*)
Lecturer: (*stood up, went to the end table on the corner to make himself a cup of coffee*)
Author: (*wiped the perspiration off her forehead*)

*sigh*

The author never felt more stupid.

She is taking the instructional laboratory aka labtek. A couple of terms:
Labtek = mata kuliah di teknik kimia yang bertujuan mendorong mahasiswa menuju ambang stres berkelanjutan yang dapat memicu perilaku aneh, kegilaan sementara (temporary insanity), pola makan yang aneh serta pola tidur yang lebih aneh lagi.
Pembicaraan awal = suatu jenis interaksi antar dosen dan calon praktikan yang merupakan syarat untuk melakukan praktikum, di mana para dosen akan merasa marah/sebal/takjub (dengan kebodohan para calon praktikan), atau dengan sabar membimbing calon praktikan, atau malah mengusir para calon praktikan, sementara para calon praktikan makin lama merasa makin goblok (that, is in the author’s case).
Praktikum = merupakan kegiatan yang memakan waktu seharian selama dua hari berturut-turut di mana para praktikan melaksanakan instruksi dosen, dengan tujuan memperoleh data yang semirip mungkin dengan teori baik dari hasil percobaan maupun dari rekayasa data. Umumnya cara yang kedua lebih sering dipakai.
Laporan singkat = laporan yang masa penyusunannya singkat, bertujuan memaksa para praktikan tidak tidur semalaman karena harus menulis laporan ini dengan tangan serta mencari cara untuk menjelaskan kenapa data yang diperoleh menyimpang dari teori.
Laporan lengkap = bentuk panjang dari laporan singkat, yang sifatnya lebih menyiksa lagi.
Pembicaraan akhir = bentuk interaksi antara dosen dan praktikan, di mana praktikan berusaha menjelaskan penyimpangan yang terjadi pada hasil percobaannya dan dosen membaca laporan verbatim, kemudian meminta revisi.

Anyone wanna add anything? =)

Anyone expecting to read a scientific post about a mathematical method, you got the wrong blog. 😛

During my undergraduate study (which is still ongoing), I’ve met a lot new characters. A lot of them are nice, some are quirky, some are self-centered, some are irresponsible, some are easy-going, some are TOO easy-going, some are over-sensitive, but everyone is unique.

Of course.

And then there’re the behavioural patterns. There’s the bossy ones, and the ones always being bossed around. The ones who trash-talk others like there’s nothing he/she would better do. Those who gossip (like moi :P). Those who study from sun rise to sun set (a bit of exaggeration, but yes, there are some VERY diligent people), and those who study a day before exams. And then there’s the people who think negatively about others without looking into the mirror once. This type usually thinks that the world is conspiring against him/her somehow, while all along it was his/her way of thinking that is too shallow, too narrow.

THEN, there’re the ones who practice trial-and-error, in their love life.

The theory is this:
Let’s say you’re a guy. You approached a girl with romantic intentions, or as we say it, ‘pdkt’. The probability that she returns the feeling is 50%. But the probability that she doesn’t is the other 50% (assuming that it’s a 50-50 chance; but of course, it’s emotional, so in reality it’s not always 50-50). But say you approached 2 girls at the same time. The probability of you being accepted just went up to 66,6%.

Ah, see where I’m going?

The more you try, the higher the probability of your success is. Just like in old, simple trial-and-error method. When trial 1 failed, you tried again. The second trial failed, you tried again.

And in some cases, yet again. And again, and again, and again until the goal is reached. I give that sort of person two thumbs up for persistence and will power, although some people’s persistence isn’t going to pay up until doomsday.  XD

I’ve met some guys who practice this kind of approach. I’m not saying that girls don’t do this, but I don’t know any girls who do so. I personally dubbed this type of guy a “desperado”. *lol*
A guy once ‘liked’ one of my friends. He ‘tried’. It went error (it was more “ERROR!!!” XD). Then he went and conducted another ‘trial’ on my other friend. Of course, this time it went even more error than the first time.

I’m sorry if any of you guys thought I’m writing about you and got offended, but it’s the truth. And MAYBE, just maybe, I AM writing about you. 😛